Selasa, November 24, 2015

Gambar Ini Dapat Menipu Otak: Anda Akan Melihatnya Berwarna

Persepsi adalah hal yang dapat berubah-ubah. Sebaik apapun indera tubuh kita dalam menjaga keberlangsungan hidup kita, tetap – mereka dapat menyesatkan dan menipu kita.

Berikut ini adalah contoh menarik yang dapat anda coba sendiri di rumah – seperti yang ditampilkan dalam 4 seri terbaru dari BBC, Colour: The Spectrum of Science.

gambar ini akan berubah menjadi berwarna

Coba nanti anda lihat video di bawah, ikuti instruksinya – dan anda akan mendapati gambar hitam-putih tersebut akan berubah menjadi gambar pemandangan yang penuh warna.

Semua hal ini berkaitan dengan sel kerucut kita, yaitu salah satu dari 2 jenis fotoreseptor yang terdapat dalam retina mata – dimana fungsinya adalah untuk menangkap warna.


Lihat Gambar Ini Berubah Menjadi Full Colour


Kita memiliki tiga jenis sel kerucut – dimana masing-masingnya sensitif terhadap panjang gelombang cahaya warna biru, hijau, dan merah. Ketika kita terpapar dengan satu warna, sel kerucut terkait warna tersebut akan terstimulasi secara berlebihan dan menjadi ‘lelah’ serta tidak responsif.

Hal ini akan membuat anda untuk sementara hanya dapat menggunakan dua jenis sel kerucut lainnya, yang akan menunjukkan lawan dari warna ‘pelengkap’ (contoh: merah vs hijau dan biru vs kuning).

Setelah beberapa detik, sel kerucut yang ‘lelah’ tadi akan kembali ‘segar’, dan anda akan mampu melihat warna itu lagi.

Klik video di bawah ini untuk membuktikannya:




Bantu saya untuk men-share artikel di atas agar lebih banyak orang yang membaca dan mengetahuinya. Terima kasih...


EmoticonEmoticon