Gejala Alzheimer: Ciri-Ciri dan Tanda-Tanda Penyakit Ini

Pada awalnya, menjadi sering lupa dan kebingungan ringan adalah dua gejala penyakit Alzheimer yang pertama kali anda sadari. Namun seiring waktu, penyakit ini akan semakin banyak menghapus memori anda, terutama ingatan-ingatan terbaru. Dan tingkat keparahan masing-masing gejala diketahui sangat bervariasi antara setiap orang.

kenali gejala, ciri, dan tanda penyakit alzheimer

Jika anda menderita Alzheimer, maka kemungkinan terbesar – diri anda sendirilah yang pertama kali menyadari jika anda mengalami kesulitan yang tidak biasanya dalam mengingat dan mengatur pikiran anda.

Atau bisa jadi anda sama sekali tidak menyadari jika ada sesuatu yang salah, bahkan walaupun perubahan dalam diri anda tersebut akhirnya disadari oleh anggota keluarga, teman dekat, ataupun rekan kerja anda.

Ciri-Ciri dan Tanda-Tanda Penyakit Alzheimer


Perubahan pada otak yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer akan mengakibatkan munculnya masalah seperti:

Hilangnya Memori / Ingatan

Setiap orang pasti pernah sesekali mengalami yang namanya penyimpangan memori. Adalah hal yang sangat normal jika anda lupa dimana menaruh kunci ataupun nama seseorang.

Pada Alzheimer, gejala lupa ini terjadi terus-menerus dan semakin memburuk – sehingga mempengaruhi kemampuan fungsional seseorang di tempat kerja ataupun di rumah. Orang yang menderita Alzheimer biasanya:

  • Mengulangi pernyataan dan pertanyaan secara berulang-ulang, tanpa menyadari jika mereka telah menanyakan pertanyaan tersebut sebelumnya
  • Lupa dengan percakapan, janji, ataupun acara tertentu – bahkan mereka tidak ingat jika pernah bercakap-cakap ataupun mengucapkan janji
  • Selalu salah menyimpan benda-benda, seringkali mereka menaruhnya di tempat-tempat yang tidak logis
  • Pada akhirnya mereka akan lupa dengan nama-nama anggota keluarga dan benda-benda kesehariannya

Orang-orang dengan penyakit Alzheimer biasanya akan kehilangan kesadaran akan hari, musim, tempat, dan bahkan keadaan diri mereka sendiri.

Alzheimer juga mungkin akan mengganggu kemampuan otak anda dalam menafsirkan apa yang anda lihat, sehingga anda akan sulit memahami keadaan lingkungan sekitar anda. Pada akhirnya, hal ini akan membuat anda merasa tersesat – bahkan pada tempat-tempat yang sangat akrab dengan anda.


Kesulitan Berbicara dan Menulis

Gejala Alzheimer berikutnya adalah kesulitan dalam menemukan kata yang tepat untuk mengidentifikasi suatu objek / benda, mengungkapkan hal yang ada dalam pikiran, atau ikut serta dalam suatu percakapan.

Seiring waktu, kemampuan untuk membaca dan menulis juga akan ikut menurun.

Susah Berpikir dan Melakukan Penalaran

Penyakit Alzheimer akan menyebabkan kesulitan dalam berkonsentrasi dan berpikir, terutama mengenai konsep-konsep yang sifatnya abstrak – seperti angka-angka.

Mereka yang mengalami penyakit Alzheimer akan kesulitan untuk mengelola keuangan, menyeimbangkan pengeluaran, dan membayar tagihan-tagihan tepat waktu. Dan hal ini dapat terus berlanjut hingga titik dimana mereka sama sekali tidak mampu mengenali dan berurusan dengan angka-angka.

Sulit Membuat Penilaian dan Mengambil Keputusan

Merespon secara efektif untuk masalah sehari-hari seperti, makanan yang gosong di atas kompor – kondisi jalanan yang tak terduga – dll, akan semakin menjadi sebuah tantangan.

Tidak Mampu Membuat Perencanaan dan Melakukan Tugas Sehari-Hari

Tanda Alzheimer berikutnya adalah kesulitan dalam membuat perencanaan untuk kegiatan yang memerlukan langkah-langkah berurutan, seperti memasak – mencuci – dll.

Pada akhirnya, orang yang menderita Alzheimer tingkat lanjut mungkin akan lupa bagaimana cara melakukan tugas-tugas dasar seperti mandi dan berpakaian.

Perubahan Kepribadian dan Perilaku

Perubahan otak yang terjadi pada penyakit Alzheimer dapat mempengaruhi cara anda dalam bertindak dan cara anda dalam merasakan. Ciri penderita Alzheimer yang dapat diperhatikan antara lain:

  • Gampang depresi
  • Mudah cemas
  • Tidak mau bersosialisasi
  • Mood yang berubah-ubah
  • Ketidakpercayaan pada orang lain
  • Sikap agresivitas
  • Perubahan dalam kebiasaan tidur
  • Sering bengong
  • Mengalami delusi, seperti percaya jika salah satu benda miliknya telah dicuri

Lebih lanjut mengenai gejala dan tanda penyakit Alzheimer, secara umum banyak kemampuan penting yang tidak akan hilang hingga seseorang masuk dalam stadium akhir dari penyakit ini.

Kemampuan-kemampuan tersebut seperti antara lain: membaca – menari dan bernyanyi – menikmati musik-musik lama – mengerjakan kerajinan atau melakukan hobi – bercerita – hingga bernostalgia.

Hal ini dimungkinkan karena informasi, keterampilan, dan kebiasaan yang dipelajari dalam tahap awal kehidupan seseorang adalah yang paling terakhir akan hilang – seiring bertambah parahnya penyakit.

Karena itu, memanfaatkan kemampuan-kemampuan tersebut dapat membuat anda tetap terus memperoleh kesuksesan dan mempertahankan kualitas hidup anda – bahkan saat anda sudah memasuki fase medium dari penyakit Alzheimer.

Selanjutnya baca:

Yang sebelumnya:

Referensi :



Bantu saya untuk men-share artikel di atas agar lebih banyak orang yang membaca dan mengetahuinya. Terima kasih...


EmoticonEmoticon