Sabtu, Februari 06, 2016

Fakta: Vitamin B Kompleks Mencegah Hilangnya Memori Anda!

Vitamin B kompleks adalah salah satu dari beberapa vitamin vital yang sangat penting untuk menjaga daya ingat kita.

Berdasarkan laporan beberapa hasil penelitian, kelompok Vitamin B diketahui membantu mencegah hilangnya memori, menangkal penuaan otak, menghilangkan depresi, hingga bahkan membantu anda untuk hidup lebih lama.

manfaat vitamin B kompleks untuk mencegah hilangnya memori

Orang-orang di luar sana biasa menyebut Vitamin B sebagai " Happy Vitamins" atau "Vitamin Anti-Stres" – karena dapat meningkatkan mood anda dan meningkatkan ketahanan otak anda menghadapi stres.

Peran penting dari Vitamin B kompleks terhadap kesehatan otak adalah kemampuannya dalam membantu produksi neurotransmitter, dimana ini sangat penting untuk menjaga keadaan pikiran anda tetap baik.

Saat anda mengalami kekurangan serotonin, kemungkinan terbesar anda juga akan mudah mengalami rasa cemas, mengalami insomnia, merasa rendah diri, memiliki pikiran negatif, OCD (obsessive compulsive disorder), dan SAD (seasonal affective disorder).

Tanpa asupan GABA (gamma-aminobutyric acid) yang tercukupi, anda mungkin akan merasakan mudah sekali mengalami stres, menjadi terlalu bersemangat, hingga akhirnya merasakan kelelahan otak.

Dopamin diketahui dapat membantu anda untuk kembali fokus.

Tanda jika anda membutuhkan lebih banyak dopamin adalah ketika anda merasa perlu ‘dopping’ seperti kafein (kopi) – gula (makanan manis-manis) – atau coklat untuk dapat melewati hari anda.

Mencukupi kebutuhan Vitamin B kompleks akan meningkatkan keseimbangan neurotransmitter dan kesehatan mental anda.

Lalu apa saja dari kelompok Vitamin B yang dianggap terbaik untuk meningkatkan memori dalam jangka panjag?

Sebuah penelitian penting yang dilakukan oleh Oxford University menemukan bahwa mengkonsumsi Vitamin B6, B12, dan asam folat secara bersamaan dapat mengurangi atrofi otak, meningkatkan fungsi otak, dan secara menakjubkan dapat mengurangi terjadinya penyusutan otak – khususnya di bagian otak yang biasanya terserang penyakit Alzheimer.

Hasil penelitian di atas dirasa sangat menjanjikan – hingga beberapa ahli berharap jika kelompok Vitamin B ini pada akhirnya dapat digunakan sebagai pengobatan yang murah untuk mengatasi Alzheimer.


Ingatan Yang Buruk Akibat Kekurangan Vitamin B12 Adalah Hal Yang Umum


Jika anda memiliki daya ingat yang kurang, atau anda seringkali merasa susah untuk mengingat sesuatu, maka kemungkinan terbesarnya adalah anda kekurangan vitamin B12.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh USDA, untuk di Amerika Serikat – diperkirakan ada sekitar 40% dari orang usia dewasa yang mengalami kekurangan vitamin ini. Sekarang anda bayangkan dengan di Indonesia, bisa jadi selama ini anda juga mengalami masalah yang sama – hanya anda tidak menyadarinya saja.

Dan kekurangan Vitamin B12 ini adalah masalah serius, anda tidak boleh menganggap enteng – karena vitamin ini adalah yang paling penting dari kelompok Vitamin B untuk menjaga memori dan fungsi otak anda secara keseluruhan.

Kekurangan Vitamin B12 dapat mengarah ke berbagai gangguan mental, seperti demensia (alzheimer), depresi, hingga yang terparah adalah skizofrenia. Hal yang secara pasti akan menyebabkan atrofi otak dan penyusutan otak. Dan ini tentu berbahaya.

Dua kelompok yang paling berisiko tinggi adalah orang tua – karena biasanya mengalami penurunan dalam penyerapan gizi makanan, dan mereka yang vegetarian – karena Vitamin B12 hanya didapatkan dari produk-produk hewani.

Jika anda seorang vegan, maka anda harus waspada – karena 90% dari mereka yang menganut pola makan vegetarian diketahui mengalami kekurangan Vitamin B12.

Tidak ada salahnya untuk memeriksakan tingkat B12 dalam diri anda. Jika ternyata memang rendah, maka suplemen Vitamin B12 dapat membantu anda memenuhi kekurangannya dengan cepat.

Perhatikan!

Tidak semua suplemen Vitamin B12 itu sama. Cari suplemen Vitamin B12 dalam bentuk yang paling mudah untuk diserap tubuh, seperti methylcobalamin atau adenosylcobalamin.

Secara umum, sangat direkomendasikan bagi anda untuk mengkonsumsi seluruh kelompok Vitamin B secara bersama-sama – yaitu dalam bentuk Vitamin B kompleks.

Ini adalah bentuk alami yang kita dapatkan di alam, dimana mereka bekerja secara bersinergi dalam makanan yang kita konsumsi.

Sumber makanan terbaik untuk kelompok Vitamin B antara lain:

  • Sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, buah-buahan, telur, ikan, unggas, pisang, wortel, bayam, kacang polong, dan kentang.
  • Sedangkan untuk B12 dapat ditemukan dalam semua produk hewani seperti: daging, ikan, unggas, telur, dan susu.

Semoga apa yang saya sampaikan di atas cukup menambah pemahaman anda. Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan jika anda memilikinya, pasti akan saya balas!

Referensi :



Bantu saya untuk men-share artikel di atas agar lebih banyak orang yang membaca dan mengetahuinya. Terima kasih...


EmoticonEmoticon